Menjelang Musim Tanam, Pupuk Indonesia Amankan Stok Pupuk Nasional

By Admin


nusakini.com - PT Pupuk Indonesia (Persero) berupaya untuk mengamankan distribusi pupuk urea bersubsidi menjelang musim tanam ini. Salah satu langkah yang ditempuh yaitu melakukan monitoring dengan mengunjungi langsung ke pusat produksi dan gudang pusat pupuk yang tersebar di wilayah Indonesia. Pupuk merupakan salah satu sarana produksi yang menentukan produksi dan produktivitas komoditas pertanian juga berperan penting dalam menjaga stabilitas ketahanan pangan nasional. Karena itu ketersediaan, kualitas, keterjangkauan dan keandalan pupuk harus tetap menjadi salah satu prioritas utama dan perhatian khusus dalam kebijakan, strategi, dan program pembangunan pertanian untuk mencapai target produksi.

Kepala Corporate Communication PT Pupuk Indonesia (Persero) Wijaya Laksana mengungkapkan bahwa pupuk bersubsidi dinilai sangat penting untuk komoditas pertanian dan diminati oleh masyarakat luas juga karena harganya yang terjangkau. “Di seluruh wilayah Ketahanan serta kedaulatan pangan adalah hal yang sangat penting bagi Indonesia. Karena itu, PT Pupuk Indonesia (Persero) berusaha maksimal dalam menyiapkan sarana produksi berupa pupuk yang cukup untuk mendukung peningkatan produksi pertanian.” Kata Wijaya.

Menjelang musim tanam kemarau di bulan Agustus, September dan Oktober ini PT Pupuk Indonesia (Persero) sudah menyiapkan stok musim tanam hingga 4 kali lipat dari ketentuan stok minimum. Terutama untuk wilayah Indonesia timur untuk mengantisipasi kendala transportasi, terutama cuaca buruk dan terbatasnya kapasitas pelabuhan di suatu daerah. Untuk memperlancar pendistribusian Pupuk Indonesia juga saat ini diperkuat oleh jaringan transportasi kapal maupun darat. Jumlah armada kapal untuk pengangkutan pupuk mencapai 18 kapal ditambah dengan voyage charter dan container sebanyak 191 rute. “Kami juga memperkuat jaringan kios dan distributor untuk mendekatkan produk kami kepada petani”, kata Wijaya. Jumlah distributor Pupuk Indonesia di seluruh Indonesia saat ini sebanyak 1.552 unit dan ditunjang oleh kios sebanyak 40.304 kios.

Adapun untuk jumlah stok pupuk bersubsidi di gudang lini I sampai dengan lini III dinilai aman. berikut perincian stok pupuk di seluruh wilayah Indonesia, yaitu:


NO   PUPUK    TOTAL (TON)      KETENTUAN STOK MINIMUM (TON)

1      UREA          513.420                          109.729

2      NPK             267.551                          63.919

3     SP-36          130.388                           21.112

4     ZA               104.604                           32.074

5   ORGANIK      53.046                             29.571

GRAND TOTAL  1.069.001                        256.405

Ketentuan stok ini mengacu kepada Peraturan Menteri Pertanian No. 04 Tahun 2017

“Stok pupuk di seluruh daerah di tanah air, hingga 25 Agustus 2017 ini stok pupuk di lini I hingga III adalah 1.069.001 Ton, dengan rincian Urea sebesar 513.420 ton, stok NPK sebesar 267.551 Ton, stok SP-36 sebesar 130.388 Ton, ZA sebesar 104.604 Ton dan organik sebesar 53.046 Ton. Stok lini III adalah stok di gudang Produsen, Distributor di Wilayah Kabupaten/Kota dan stok di kios/pengecer. PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama dengan anak perusahaannya, mengemban tugas untuk dapat menyalurkan dan mengawasi produk pupuk milik pemerintah agar dapat tersalurkan kepada para petani, tentunya dengan menggunakan prinsip 6T (Tepat Tempat, Tepat Harga, Tepat Jumlah, Tepat Mutu, Tepat Jenis, Tepat Waktu).” Ujar Wijaya.

Untuk menata kelola distribusi pupuk bersubsidi, PT Pupuk Indonesia (Persero) akan terus mengamankan serta pengawasan agar pupuk terjamin sampai ke tangan petani yaitu dengan sistem distribusi tertutup. Sistem ini bertujuan untuk mencegah penyimpangan pupuk bersubsidi ke sektor lain. (p/ma)